Kualitas bibit merupakan salah satu kunci keberhasilan panen jamur, kunci yang lain adalah nutrisi, teknik pengomposan dan perawatan selama masa inkubasi hingga panen.

A. Carilah log dengan miselium tebal/warna putih merata.
    Ciri-ciri bibit jamur merang yang bagus adalah :
1. Log ditumbuhi miselium yang sehat. Miselium yang sehat bisa dilihat dari ketebalan miselium.
2. Usia bibit yang bagus adalah 20 hari - 30 hari sejak inokulasi. Produsen bibit akan memberikan penjelasan akan usia bibit. Pada umur tersebut, miselium masih muda dan perkembangannya akan maksimal saat ditanam didalam rumah tumbuh/growing house.

B. Belilah langsung ke produsen bibit, bukan reseller/tengkulak bibit.
    Hal ini sangat penting karena produsen bibit lebih tahu akan usia bibitnya. Memang terkadang lebih mahal, tp menurut saya lebih menguntungkan petani. Karena saat ini sudah banyak beredar bibit palsu yang tentunya hasil produksi/panen akan rendah.
Ada pengalaman bbrp kawan yang memiliki sejumlah kumbung yang hanya menghasilkan 10 Kg. Pembelian ke reseller/tengkulak jika anda benar2 percaya bahwa bibit tersebut sampai ditangan ke-2 (tengkulak) kemudian langsung didistribusikan ke anda.

C. Perhatikan Miselium yang tumbuh didalam log.
    Didalam log bisa dijumpai bentuk lain dari miselium jamur merang, misalnya ada bentuk serbuk atau bubuk, miselium berwarna hijau atau hitam, dan jika diperhatikan jumlahnya lebih sedikit daripada miselium jamur merangnya, langkah yang harus dilakukan adalah potong bagian tersebut dan buang, sedangkan sisanya tetap dapat ditebar diatas kompos. Jika kontaminan lebih banyak, maka log tersebut dibuang.

D. Penyimpanan bibit
    Jika bibit yang anda beli tidak langsung ditebar, maka simpanlah dilemari atau diatas meja dalam ruangan yang bersuhu hangat. Jangan sekali-kali meletakkan log bibit diatas lantai karena miselium akan mati dan log menjadi rusak.

Oleh karena itu, bekali diri anda dengan keahlian memilih bibit jamur merang yang bagus, sehingga diharapkan hasil panen nantinya akan memuaskan.

8/20/2013 19:12:45

ok gan mntap tipsnya tips ini sma ja g gan dpkek buat jamur tiram

Reply
4/12/2015 23:27:32

Saya suka dengan artikel kesehatan diatas, informasinya memang simple tapi sangat membantu saya dalam mencari informasi, thanks sob telah meluangkan waktunya untuk berbagi ^^

Reply
11/15/2015 23:07:51

makasih atas infonya, info ini sangat bermanpaat bagi saya.

Reply
11/16/2015 22:30:58

artikelnya sangat berkesan dan bermanpaat semoga saja banyak orang yang membaca artikel ini.

Reply

wah mantaf sekali infonya, terimakasih ya gan semoga saja tambah sukses dan sehat selalu!.

Reply

mantaf sekali artikelnya, artikel ini sangat berkesan bagi saya dan sangat bermanpaat, terimakasih atas artikelnya.

Reply

This article is very memorable one for me and very useful, I hope a lot of people who read this memorable aeritek, thanks yak gan article.

Reply

terimakasih atas infonya, info ini sangat menarik dan berkesan, semoga saja banyak orang yang menemukan dan membaca artikel ini.

Reply

makasih atas artikelnya, saya sangat berkesan pada artikel ini. sekali lagi terimakasih gan.

Reply
12/8/2015 22:52:25

makasih atas infonya, infonya menarik sekali dan banyak maknanya. semoga saja artikel ini bisa bermanpaat bagi semua orang yang membacanya. terimaksih gan.

Reply
12/18/2015 01:19:17

makasih atas informasinya, saya sangat menyukai artikelnya.

Reply

makasih atas beritanya, beritanya menarik sekali.

Reply



Leave a Reply.