* LOKASI: FARM JATIROTO, BELAKANG RSU JATIROTO, JATIROTO, KAB. LUMAJANG.

* HARI / TGL : SENIN S/D RABU, 10 S/D 12 OKTOBER 2011,

* ACARA DIMULAI : JAM 07.00 s/d 15.00 WIB

* MATERI :
A. PEMBUATAN KUMBUNG & STRUKTUR KELENGKAPAN BANGUNAN.
B. PENGOMPOSAN.
C. PASTEURISASI.
D. PEMILIHAN & PENEBARAN BIBIT.
E. PERAWATAN.
F. PASCA PANEN.
G. SESI TANYA JAWAB.


* BIAYA : RP 500.000/ORANG (AKOMODASI, PENGINAPAN DAN KONSUMSI DITANGGUNG PESERTA).

* BATAS AKHIR PEMBAYARAN TGL 5 OKTOBER 2011

* PEMBAYARAN KE NO.REK BNI AN ERLITA SUSI: 0027263335.
* BAGI YG TELAH TRANSFER, SILAHKAN : SMS 4 ANGKA TERAKHIR REKENING DAN NAMA PESERTA KE NO : 0813 3370 3870.
Fb: bibit jamur merang lumajang
 
 
         I_______6-7hr________I_____1 hr______I____1hr_____I_____5hr_____I___13-15 hr____I____15-25 hr_______I    Pengomposan                     kompos masuk kumbung       Pasteurisasi           Tebar Bibit        Kumbung dibuka          Panen I                        Ganti Media
 
 
Kualitas bibit merupakan salah satu kunci keberhasilan panen jamur, kunci yang lain adalah nutrisi, teknik pengomposan dan perawatan selama masa inkubasi hingga panen.

A. Carilah log dengan miselium tebal/warna putih merata.
    Ciri-ciri bibit jamur merang yang bagus adalah :
1. Log ditumbuhi miselium yang sehat. Miselium yang sehat bisa dilihat dari ketebalan miselium.
2. Usia bibit yang bagus adalah 20 hari - 30 hari sejak inokulasi. Produsen bibit akan memberikan penjelasan akan usia bibit. Pada umur tersebut, miselium masih muda dan perkembangannya akan maksimal saat ditanam didalam rumah tumbuh/growing house.

B. Belilah langsung ke produsen bibit, bukan reseller/tengkulak bibit.
    Hal ini sangat penting karena produsen bibit lebih tahu akan usia bibitnya. Memang terkadang lebih mahal, tp menurut saya lebih menguntungkan petani. Karena saat ini sudah banyak beredar bibit palsu yang tentunya hasil produksi/panen akan rendah.
Ada pengalaman bbrp kawan yang memiliki sejumlah kumbung yang hanya menghasilkan 10 Kg. Pembelian ke reseller/tengkulak jika anda benar2 percaya bahwa bibit tersebut sampai ditangan ke-2 (tengkulak) kemudian langsung didistribusikan ke anda.

C. Perhatikan Miselium yang tumbuh didalam log.
    Didalam log bisa dijumpai bentuk lain dari miselium jamur merang, misalnya ada bentuk serbuk atau bubuk, miselium berwarna hijau atau hitam, dan jika diperhatikan jumlahnya lebih sedikit daripada miselium jamur merangnya, langkah yang harus dilakukan adalah potong bagian tersebut dan buang, sedangkan sisanya tetap dapat ditebar diatas kompos. Jika kontaminan lebih banyak, maka log tersebut dibuang.

D. Penyimpanan bibit
    Jika bibit yang anda beli tidak langsung ditebar, maka simpanlah dilemari atau diatas meja dalam ruangan yang bersuhu hangat. Jangan sekali-kali meletakkan log bibit diatas lantai karena miselium akan mati dan log menjadi rusak.

Oleh karena itu, bekali diri anda dengan keahlian memilih bibit jamur merang yang bagus, sehingga diharapkan hasil panen nantinya akan memuaskan.

 
 
1. Mengapa Jamur Merang saya menjadi Hitam?
Jamur merang menjadi hitam disebabkan beberapa hal : 1. dari bibitnya jamur merang hitam, 2. suhu, 3. Cahaya/sinar

2. Mengapa Jamur merang saya menjadi busuk/ gembos?
Hal itu disebabkan embun yang menempel saat pinhead dan terlalu sering disiram

3. Bagaimana Penggunaan Nutrisi BJML?
Penggunaan nutrisi dalam budidaya Jamur Merang disamakan dengan komposisi bekatul/dedak yang biasa dipergunakan.

4. Mengapa Panen saya sedikit?
Bisa disebabkan berberapa faktor, 1. Jumlah bibit yg ditebar kurang, 2. nutrisi kompos yang kurang, 3. kegagalan pada masa perawatan

5. Berapa hari ketahanan jamur merang pasca panen? bagaimana supaya tahan lama?
Jamur merang pada umumnya tahan selama 24 jam, agar tahan lama jamur disimpan dalam freezer atau di blanching.


Semoga beberapa point ini bisa dijadikan sedikit tambahan wawasan dan saya yakin masih banyak permasalahan lain yang dihadapi oleh rekan2 yang telah budidaya maupun yang akan memulainya... Salam BJML
 
 
    Bibit jamur merang Lumajang diproduksi di desa jatiroto, kec jatiroto, kabupaten lumajang, Propinsi Jawa timur.  Bibit jamur merang berkualitas dipilih melalui beberapa tahapan di Laboraturium kultur jaringan kami. Tidak mudah menentukan miselium jamur merang yang memiliki kekuatan dan kemampuan beradaptasi terhadap lingkungan yang memiliki suhu dibawah 30 derajat C.
    Jamur merang yang dihasilkan mampu memiliki bobot lebih daripada jamur merang pada umumnya. Dalam 1 Kg bisa berisi sebanyak 9 - 12 buah jamur merang segar. Hal ini menunjukkan kualitas bibit yang sempurna dalam pertumbuhannya.
    Setiap makhluk hidup membutuhkan nutrisi untuk melangsungkan kehidupannya, begitu pula dengan jamur merang. Guna menunjang bibit jamur merang yang berkualitas tersebut, kami meracik Nutrisi pertumbuhan jamur. Nutrisi ini berasal dari bahan-bahan organik yang diracik dengan takaran yang tepat dan dosis yang telah ditentukan untuk pertumbuhaan jamur merang. Nutrisi ini tidak hanya diperuntukkan bagi jamur merang, tetapi Jamur lain yang bisa dibudidayakan juga bisa mempergunakan nutrisi ini.
    Oleh karena itu, hasil riset dan eksperimen kami selama 10 tahun lebih untuk mencari bibit jamur merang berkualitas dan nutrisi pertumbuhan jamur telah menghasilkan suatu kepuasan tersendiri bagi kami dan para petani yang telah menggunakan bibit dan nutrisi BJML. Dalam kumbung ukuran 3x4 dengan luas tanam 30 m2 telah menghasilkan 1.3 kuintal bahkan lebih dalam sekali masa panen.
    Hal tersebut sangat menggembirakan kami selaku produsen bibit jamur merang dan nutrisi pertumbuhan jamur. Bagi yang berminat silahkan menghubungi kami di 0813 3370 3870.
 
 
Nasi goreng Jamur

Bahan-bahan nasi goreng spesial jamur merang pakai udang :
  • 1 mangkok nasi
  • 12 ekor udang sedang
  • ½ cangkir kecil kacang polong, direbus sampai matang
  • 2 butir telur ayam, dikocok sampai berbuih
  • beberapa biji jamur merang
Cara membuat dan memasak nasi goreng spesial jamur merang pakai udang :

  • Udang dikupas, gurat punggungnya serta buang kotorannya, lalu goreng sampai warna merah, kemudian angkatlah
  • Tuangkan kocokan telur ke dalam wajan yang minyaknya sudah makin panas, aduk-aduklah
  • Jamur dipotong-potong agak kecil, prey diiris –iris kasar
  • Masukkanlah jamur, kacang polong, serta prey ke dalam wajan tersebut. Aduklah sampai semua nampak hampir masak, baru masukkanlah nasinya. Aduk terus sampai nasi menjadi nampak kemerah-merahan, masukkan udang yang sudah masak aduk terus sampai matang
  • Angkat setelah semua nampak panas.